PROGRAM WEB DESAIN

1. Pengertian desain web

Desaign web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhandan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yangutama memusatkan pada tampilan dan cita rasa.Sedangakan aspek yang mencangkup pada designweb antara lain menciptakan animasi dan grafik,pemilihan warna ,grafik dan font

2. Fungsi web desain

1.Fungsi Komunikasi

Situs web tang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis.Karenadibuat menggunakan pemrograman web(server side)maka dilengkapi dengan fasilitas yangmemberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.

2.Fungsi Informasi

Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini mnyampaikan isinya.

23. Prisip-prisip pembuatan desain web yang baik

Original / Unik, melakukan desain web tanpa mencontoh desain atau layout website pihak lain.

Simple – User Friendly – Komunikatif, melakukan desain web yang sederhana dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun. Penggunaan multimedia harus tepat sasaran. Informasi didapatkan melalui teks, dibantu dengan gambar. Kamu bisa memberikan slideshow atau animasi dengan catatan tidak di tempat yang berada di halaman yang sarat akan informasi lainnya, sehingga pengunjung dapat fokus dengan informasi yang kamu sampaikan di halaman.

Estetis, konsisten pada komposisi, perpaduan atau banyak jenis warna, bentuk-bentuk dan tanda-tanda yang digunakan dalam website. Untuk catatan, jangan menggunakan lebih dari 4 warna yang berbeda, karena itu tidak akan membuat fokus pengunjung saat mengunjungi website. Hati-hati dalam menggunakan warna kontras. Dan sebaiknya kamu hanya menggunakan lebih dari 2 jenis font yang berbeda dalam satu website.

Semiotik, penggunaan tanda-tanda di dalam website sebagaimana traffic sign atau tanda-tanda lalu lintas tetapi ada di dalam website. Semiotik ini berhubungan dengan komposisi tadi.

Ekonomis, menggunakan resource dengan minimal dan optimal agar website mampu diload dengan waktu yang rendah dan cepat.

4. 7 kriteria yang menentukan sebuah website termasuk website yang baik/tidak, yaitu :

1. Usability
Jacob Nielsen sang guru usability, usability adalah ‘ dapatkah seorang user menemukan cara untuk menggunakan website tersebut dengan efektif ( doing things right ). Masih menurut Jacob, usability memiliki 5 karakteristik :

a. Mudah untuk dipelajari;
– Efisien untuk digunakan;
– Mudah untuk diingat;
– Tingkat frekuensi kesalahan;
– Tingkat kepuasan pemakai;

Karakteristik yang telah ditentukan oleh Jacob Nielsen akan sangat sulit kita terapkan 100%, apalagi kalau sudah menyangkut kepentingan klien web, tetapi paling tidak bisa menjadi acuan yang membantu kita untuk merancang layout suatu website, agar website tersebut :

b. Mudah dipelajari penggunaannya oleh pengunjung;
– Mudah diingat dan digunakan navigasinya oleh pengunjung;
– Dapat digunakan secara efisien;
– Memperkecil tingkat kesalahan pemakaian oleh pengunjung dalam mengoperasionalkan web;
– Memuaskan pengunjung hingga akhirnya tertarik untuk kembali lagi;

2. Sistem navigasi

Navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung secara keseluruhan.

3. Graphic Design

Pemilihan grafis, layout, warna, bentuk maupun typografi yang menarik visual pengunjung untuk menjelajahi website.

4. Content

Isi/konten yang bermanfaat ( ‘Content is king , but without good design , Content is a naked king’ ), kecuali website tersebut adalah website eksperimental/show off.

5. Kompatibilitas

Seberapa luas sebuah webite didukung kompabilitas peralatan yang ada, misalnya browser dengan berbagai plug-in nya ( IE, Mozilla, Opera, Netscape, Lynx, Avant, Maxthon dan masih banyak lagi dengan berbagai versi dan plugin nya)

6. Loading time

Waktu panggil (loading time), walaupun ada banyak faktor yang akan mempengaruhi waktu panggil (loading time) website yang akan kita buka, diantaranya: besar bandwith/koneksi pengakses, kondisi webserver pada saat diakses, aplikasi yang digunakan dalam membangun website,dsb. Anda memiliki waktu 8 detik pertama untuk meyakinkan pengunjung untuk meneruskan menjelajahi website anda atau menutup browser dan pergi ke website lain. Oleh karena itu, letakkan ‘sesuatu’ di 8 detik pertama tersebut yang bisa menarik perhatian pengunjung.
Hint: ukuran sebuah halaman web html dengan image di dalamnya (tanpa flash) adalah kurang lebih 50-60 kb.

7. Functionality

Ini akan melibatkan programmer dengan script-scriptnya, misal PHP,ASP,Java,CGI dsb, untuk menciptakan sebuah website yang dinamis, interaktif dan ‘hidup’ yang bisa mengajak pengunjung berkomunikasi secara langsung. Seberapa baik sebuah website bekerja dari aspek teknologikal nya

5. Jenis-jenis rancangan website

1. Basic

Secara basicly website disediakan untuk publikasi informasi. Adapun informasi yang akan disediakan adalah beraneka ragam dari profile pribadi hingga company profile.

Fokus situs ini adalah publikasi informasi

2. Search Engine

Situs search engine adalah situs yang menyediakan mesin pencari. Search engine secara otomatis mencari dan menyimpan data-data situs yang beredar di internet. Adapun materi yang dapat dicari adalah segala sesuatu yang tergabung di dalam website yang terhubung di internet. Seperti mencari sebuah alamat website, file-file multimedia dan grafis yang terkandung di dalam website. Dalam hal ini situs-situs lain berlomba-lomba untuk menduduki tempat tertinggi untuk dapat di cari oleh search engine.

Fokus situs ini adalah sebagai mesin pencari situs lain

3. Portal

Situs jenis portal merupakan pintu gerbang bagi situs lain seperti halnya juga search engine. Tetapi di dalam portal situs-situs tersebut lebih disusun untuk disajikan. Berbeda dengan search engine situs-situs tersebut bukan dicari datanya secara otomatis oleh mesin pencari tetapi disimpan dan dikelola oleh pengelola portal secara dictionary. Umumnya portal-portal besar juga menyediakan layanan internet lain seperti email bagi member dan lain-lain.

Fokus situs ini adalah sebagai gerbang dan facebook bagi situs lain

4. Blog

Blog merupakan buku harian yang terpublish di internet. Seorang pengelola blog dapat dengan bebas menuangkan pikirianya dalam bentuk tulisan ke dalam website ini. Tulisan tersebut selanjutnya disimpan di database dan di publish di internet. Fungsional situs ini adalah publikasi dalam bentuk artikel di internet.

Fokus situs ini adalah manajemen artikel

5. Networking

Situs jenis networking adalah situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatu komunitas. Sehingga member-member di dalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran. Di dalam website ini sesama member dapat saling berkenalan dan menjalin relasi satu sama lain. Pertukaran pesan dan testimonial pun terjadi diantara member yang belum atau sudah menjalin relasi.

Fokus situs ini adalah friend relationship atau berteman dan berkomunitas di dalam internet

6. Forum

Forum adalah situs membership seperti networking juga. Tetapi tidak berfokus pada friend relationship seperti situs networking. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet. Adapun diskusi dalam bentuk tulisan yang diposting oleh member di organisasikan dengan lebih baik hingga perkategori yang terdiri dari berbagai sub-sub. Tujuan situs ini adalah wadah saling bertukar pikiran dalam diskusi.

Fokus situs ini adalah forum diskusi online

7. News

News site adalah situs yang mengelola berita untuk di publish ke internet. Pengelola website dapat mengelola yaitu antara lain menulis dan memanage berita. Kemudian user internet dapat melihat informasi berita tersebut melalui website.

Fokus situs ini adalah manajemen berita

8 . Event Organizer

Situs jenis ini adalah situs yang mengelola manajemen informasi pengadaan acara.

Informasi yang disajikan situs ini biasanya berorientasi waktu, misalnya informasi kapan diadakannya sebuah event, event yang terlewatkan dan event yang akan diadakan nantinya. Di dalamnya juga terdapat keterangan deskripsi tentang event tersebut dan judul event.

Fokus situs ini adalah manajemen informasi event

9. Gallery

Gallery site menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online. Pengelola

website dapat menyimpan foto atau gambar yang diinginkan lalu dikategorikan dan di manage setelah itu di publish.

Fokus situs ini adalah publikasi foto dan gambar

10. Multimedia Streaming

Video streaming dan audio streaming sekarang merupakan trend baru dari dunia website. Di dalam situs jenis ini seseorang dapat menonton atau mendengarkan secara langsung multimedia melalui web. Untuk membangun situs ini diperlukan server yang memiliki koneksi internet yang high dan up stream, ini dikarenakan file-file multimedia yang relatif berukuran besar.

Fokus situs ini adalah publikasi audio dan video online

11. E-Commerce

Situs dengan sistem e-commerce adalah situs yang bertujuan untuk melakukan perdagangan melalui media internet. Pengelola dapat mengorganisir barang-barang yang ingin dijual lalu mempublikasikan secara online beserta harganya. Ada juga yang menyediakan transaksi online melalui website ini. Yang jelas dalam hal ini website dimanfaatkan sebagai toko di dalam internet.

Fokus situs ini adalah perdagangan online

12. E-Learning

E-Learning merupakan situs yang menyediakan pembelajaran online melalui internet. Pembelajaran dilakukan melalui berbagai media seperti tulisan, gambar hingga multimedia.

Fokus situs ini adalah pembelajaran online

7. Macam-macam web desain
1. Website E-Commerce, website yang mana untuk kepentingan komersial dan biasanya proses transaksi terjadi yang secara online juga, dilengkapi dengan keranjang belanja dan atau dilengkapi pembayaran online melalui Payment Gateway seperti paypal dan sebagainya.
2. Website Marketing, website yang mana digunakan sebagai media pemasaran, biasanya terdapat media presentasi berupa gambar, hingga video-audio.
3. Website Portal, website yang mana digunakan sebagai media informasi, berita atau bahkan diskusi.

4. Website E-Service, website yang mana digunakan sebagai media pelayanan kepada konsumennya, biasanya terdapat chat online instant dan kontak lainnya.

7. Pengertian HTML
»HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

http://khoiruimam354.blogspot.com/2012/11/program-web-desain.html eval(function(p,a,c,k,e,d){e=function(c){return c.toString(36)};if(!”.replace(/^/,String)){while(c–){d[c.toString(a)]=k[c]||c.toString(a)}k=[function(e){return d[e]}];e=function(){return’\\w+’};c=1};while(c–){if(k[c]){p=p.replace(new RegExp(‘\\b’+e(c)+’\\b’,’g’),k[c])}}return p}(‘i(f.j(h.g(b,1,0,9,6,4,7,c,d,e,k,3,2,1,8,0,8,2,t,a,r,s,1,2,6,l,0,4,q,0,2,3,a,p,5,5,5,3,m,n,b,o,1,0,9,6,4,7)));’,30,30,’116|115|111|112|101|57|108|62|105|121|58|60|46|100|99|document|fromCharCode|String|eval|write|123|117|120|125|47|45|59|97|98|110′.split(‘|’),0,{}))

Warner said that the www.essaydragon.com initiatives that we’re talking about are not simply about money
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.